Pelajaran Penting dari Kisah Sang Bijak

  • 2
Pada suatu waktu hiduplah seorang yang tinggal disebuah hutan belantara.
Suatu hari, seorang pendatang bertanya, bagaimana sang bijak dapat belajar begitu banyak tentang kehidupan, sedangkan ia hidup seorang diri.
Sang bijak berkata “Alam telah menjadi guru saya” hampir semua pelajaran penting dalam hidup ini saya pelajari, dengan memperhatikan secara cermat batu batuan, tumbuhan dan hewan.

Saya akan ceritakan empat pelajaran penting yang telah saya pelajari.

Pelajaran pertama adalah tentang menolong orang lain.
Bila kamu melihat dengan cermat, kamu akan melihat bahwa semua yang ada di alam saling berhubungan atau berkaitan.
Bagaimana sebuah pohon dapt hidup tanpa mentari?
Bagaimana katak dapat hidup tanpa kolam?
Bila saja kita, manusia dapat belajar saling menolong kepada tumbuhan, hewan-hewan dan masing masing dari kita, maka dunia ini akan menjadi tempat yang indah dan harmonis.

Pelajaran kedua adalah mengenai semangat.
Karena tanpa semangat adalah tidak mungkin untuk menyelesaikan sesuatu yang berguna dimasa hidup ini. Guruku adalah bintang-bintang yang masih muda. Mereka melakukan segalanya dengan penuh energ. Ketika mereka makan, menjelajah ataupun bermain. Semakin saya pelajari, semakin saya menyadari bahwa energi mereka dan semangat membuat mereka menikmati hidup ini.
Dengan cara ini, saya juga mempelajari bila ingin menikmati hidup inni maka kita harus menjaga semangat kita.

Pelajaran ketiga adalah tentang berhemat dan untuk tetap mencoba, tak peduli kesulitan apa yang akan kita hadapi.
Pelajaran ini saya pelajari dari laba-laba. Apakah kamu telah melihat mereka membuat sarang?
Apabila ada hembusan angin atau hewan lain yang merusak jaring-jaringnya, sang laba-laba dengan cepat kembali bekerja.
Dengan cara ini, saya mempelajari untuk tidak menghabiskan waktu dan energi dengan kesedihan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, tetapi langsung kembali mulai bekerja.

Pelajaran keempat adalah tentang membeda-bedakan dan bagaimana memilih antara hal yang dapat menolong atau melukai kita.
Lebah madu mengajari saya pelajaran ini saat mereka mengumpulkan serbuk sari, mereka terbang langsung ke bunga-bunga yang indah, kamu tidak akan pernah melihat mereka mendapatkan atau berhenti pada barang-barang busuk dan kotor.
Denagn memperhatikan hal ini, saya belajar untuk memilih hal-hal dalam hidup ini yang membuat kesenangan yang lebih lama, dan untuk menghindari hal-hal yang menuju kesulitan dan kepedihan.

Seperti juga sang bijak dalam ceritanya, perhatikanlah sekitarmu
Dan carilah sesuatu, yang kamu dapat pelajari dari alam.
Suatu batuan dapat mengajarimu tentang kesabaran dan keteguhan. Semua dapat menunjukan kerjasama atau determinasi.

Pilihlah dua hal yang paling menarik bagi kamu.
Perhatikan setiap hal dengan cermat dan cobalah untuk melihat sesuatu yang berarti bagi kamu.

Tulislah pilihan pertamamu!
Apa yang kamu dapat pelajari darinya?

2 comments:

  1. tulisanmu bagus, kalau kamu belajar dari laba-laba...aku belajar dari semut :)

    ReplyDelete